Ilmu Pengetahuan Umum

Hewan Tidur dengan Satu Mata Terbuka

Hewan Tidur dengan Satu Mata Terbuka

Kidnesia.com - Beberapa jenis hewan, ternyata, tidur dengan satu mata terbuka. Kenapa bisa begitu, ya?

Hewan-hewan yang tidur dengan satu mata terbuka, di antaranya adalah lumba-lumba, buaya, lembu laut, anjing laut, walrus, dan beberapa jenis burung tertentu.

hewan tidur satu mata terbuka 2

Buaya merupakan salah satu hewan yang tidur dengan satu mata terbuka.

Tidur dengan satu mata terbuka itu disebut unihemispheric sleep. Kenapa satu mata terbuka? Itu karena setengah otaknya tetap terjaga atau tidak tidur. Sementara setengah otaknya yang lain tidur dan satu matanya yang lain terpejam.  

Dengan tidur satu mata terbuka dan setengah otak tidak tidur, hewan tetap dapat mengawasi sekitarnya meskipun sedang tidur. Jadi, jika ada bahaya mengancam, si hewan bisa segera bertindak.

Selain untuk mengawasi adanya bahaya, tidur dengan satu mata terbuka juga membuat hewan tertentu dapat menjaga pernapasannya. Contohnya, lumba-lumba yang sesekali harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas, meskipun sedang tidur.  

Unik juga, ya, hewan-hewan yang tidur dengan satu mata terbuka. Kalau kita, manusia, tidur dengan kedua mata tertutup dan seluruh otak benar-benar beristirahat. Itu disebut bihemispheric sleep.  

Sumber data : discovery.com
Foto : creativecommons.org

Author

kidnesia

Tags

Related Article