Ilmu Pengetahuan Umum

Cara Mengetahui Suhu Udara dari Derik Jangkrik

Cara Mengetahui Suhu Udara dari Derik Jangkrik

Kidnesia.com - Apakah teman-teman punya termometer untuk mengukur suhu udara di rumah? Tanpa termometer, kita juga bisa tahu suhu udara melalui suara jangkrik. Ini dia cara mengetahui suhu udara dari derik jangkrik.

Teman-teman sering mendengar suara derikan jangkrik? Suara derikan jangkrik hanya dihasilkan dari jangkrik jantan. Biasanya suara derikan itu digunakan untuk menarik perhatian betina. Nah, ternyata derikan jangkrik juga memuat informasi rahasia. Jika kita bisa memecahkan informasi rahasia itu, maka kita bisa mengetahui suhu udara di sekitar jangkrik berderik. Untuk menyelidiki informasi rahasia dari derikan jangkrik, kita perlu pandai berhitung.

Caranya, hitung jumlah derikan jangkrik selama 14 detik. Jika sudah, tambahkan jumlah derikan jangkrik dengan 40. Contoh: 35 derikan + 40 = 75 ° F.

Bagaimana jika ingin mengetahui suhu udara dengan derajat celcius? Kita juga perlu berhitung, tapi hitungannya berbeda. Hitung jumlah derikan jangkrik selama 8 detik, lalu tambahkan dengan angka 5. Contoh: 18 derikan + 5 = 23 ° C

Itu dia cara mengetahui suhu udara dari derik jangkrik. Jika derikan jangkrik semakin cepat, berarti suhu udara di sekitar jangkrik makin hangat atau makin tinggi.

Teks: Iveta R., Foto: Creative Commons/siamesepuppy

Author

kidnesia

Tags

Related Article