Ilmu Pengetahuan Umum

Beruk Sahabat Manusia

Beruk Sahabat Manusia

Kidnesia.com - Monyet biasanya berekor panjang. Tetapi monyet yang ini ekornya pendek. Itulah si monyet beruk.

Perilaku yang Lucu

Di kebun binatang, perilaku beruk kurang asyik dilihat. Bahkan, kadang kita risih melihatnya karena hewan ini suka berbuat tidak sopan di depan pengunjung.  

Akan tetapi di alam liar, perilaku beruk sangat menarik. Bersama dengan kelompok atau koloninya, mereka suka turun ke tanah untuk mencari buah-buahan yang jatuh.

Kadang mereka pergi ke sungai atau danau untuk minum dan bermain air. Induk yang  baru melahirkan, kadang terlihat menggendong bayinya. Sedangkan beruk-beruk muda kadang terlihat naik turun pohon dan bermain kejar-kejaran.

 

beruk
Caption
 

Beruk Nakal

Di hutan-hutan wisata, beruk biasanya berani mendekati manusia karena mereka sudah terbiasa diberi makanan. Karena kebiasaan itu, setiap ada wisatawan yang datang, rombongan beruk akan mendekatinya karena mereka menyangka kita membawa makanan. Kalau kita tidak memberi makanan, barang-barang bawaan kita kadang disangka makanan, sehingga barang-barang itu bisa dirampasnya.

Tips Menghadapi Beruk

Untuk menghindari para beruk nakal ini, kita sebaiknya menyimpan barang-barang berharga di dalam tas. Untuk menakut-nakuti beruk, kita tidak perlu melempar beruk dengan batu atau ranting pohon karena beruk bisa marah dan menyerang kita.

 

beruk
Beruk sedang dilatih untuk memetik buah kelapa. Foto: antarafoto.com
 

Untuk menakut-nakuti beruk, kita cukup berhenti dan membelakangi si beruk, maka si beruk akan balik arah meninggalkan kita.

Kalau kamu ingin memberi makanan, berhentilah sejenak dan berdirilah berhadapan dengan beruk yang hendak kamu beri makanan. Berbicaralah kepadanya seperti kamu berbicara dengan seorang teman. Lalu berilah si beruk makanan.

Uniknya, kalau kamu memberi dengan tangan kanan, maka si beruk akan menerima dengan tangan kanan. Sebaliknya kalau kamu memberi dengan tangan kiri, maka si beruk akan menerimanya dengan tangan kiri.

Kenapa bisa begitu? Apakah beruk termasuk jenis primata yang cukup pintar? Yang jelas di daerah Pariaman, Sumatera Barat, banyak beruk diajari membantu manusia memetik kelapa.

Untuk bisa disuruh memetik kelapa, beruk harus dilatih oleh pawang. Beruk yang bisa dilatih umumnya beruk betina yang masih kecil. Usianya sekitar 4 sampai 6 bulan. Beruk yang sudah dewasa, apalagi yang jantan umumnya sulit dilatih, malas, dan galak.

 

beruk
Beruk sedang memetik kelapa. Foto: natgeocreative.com
 

Melatih Beruk

Untuk melatih beruk sampai bisa disuruh memetik kelapa biasanya dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari.

Untuk melatih beruk, sang pawang harus membuat sarana latihan berupa palang kayu yang diikat setinggi 1 meter pada dua pohon kelapa. Lalu, beberapa buah kelapa digantungkan pada kayu tersebut.

Setelah sarana latihan siap, anak-anak beruk disuruh memanjat pohon kelapa dan bergelantungan di palang kayu tersebut. Sambil bergelantungan, anak beruk dilatih memilin buah kelapa dan mengigit tangkai buah kelapa sampai putus.

Pelajaran memilin buah kelapa dan menggigit tangkai buah dilakukan berkali-kali, setiap hari, sampai beruk tersebut mahir. Setelah anak-anak beruk ini cukup besar, mereka dibawa ke kebun kelapa untuk belajar praktek memetik kelapa di atas pohon.  

Untuk melatih anak beruk menjadi pemetik kelapa sejati, perlu kesabaran dan ketelatenan. Setelah, beruk-beruk tersebut mahir memetik kelapa, beruk-beruk tersebut lalu dijual ke pasar hewan.

Di Sumatera Barat, beruk-beruk pemetik kelapa ini bisa kita temukan di Pasar Ternak VII Koto Sungai Sarik, Kabupaten Padang Pariaman.

Ternyata, selain anjing, sapi, kerbau, dan kuda,  beruk si monyet berekor pendek juga bisa menjadi sahabat manusia.

Sumber foto: antarafoto.com, wisc.edu,  travelpostmonthly.com, natgeocreative.com

Author

kidnesia

Tags

Related Article