Ilmu Pengetahuan Umum

Bagaimana Cara Membuat Gula, Cokelat, Terigu, dan Minyak?

Olahan yang menggunakan gula, tepung, dan minyak (typepad.com)

Kidnesia.com – Gula, cokelat, terigu, dan minyak adalah bahan pangan yang cukup sering kita gunakan. Tapi, apakah kamu tahu bagaimana cara membuat gula, cokelat, terigu, dan minyak?

Jika belum tahu… bagaimana kalau kita cari tahu bersama?

Gula

Gula merupakan salah satu bumbu dapur yang harus ada. Untuk membuat gula, orang-orang di negara tropis biasanya menggunakan tebu, sedangkan orang-orang di dataran Eropa menggunakan bit.

Agar bisa diolah menjadi gula, tanaman itu harus dipotong dan dihancurkan untuk diambil sarinya. Setelah itu, sari tanaman tersebut akan dimasak hingga menjadi sebuah Kristal gula.

Cokelat

Kamu semua pasti suka dengan cokelat. Untuk membuat cokelat, kita harus memetik buah kakao, membukanya, dan mengambil biji pohon bijinya. Setelah itu, biji kakao akan dikeringkan, digiling, dan dicampur dengan gula serta mentega.  Dan? Jadilah sebuah cokelat siap santap.

Terigu

Terigu merupakan salah satu bahan utama untuk membuat kue, roti, dan juga makanan lainnya. Ternyata… terigu terbuat dari gandum, gandum hitam, dan jagung. Untuk membuat terigu, kita harus menggiling biji-bijian tersebut hingga halus. O ya, selain dari gandum, manusia juga membuat tepung dari kacang-kacangan.

Minyak

Minyak merupakan bahan yang cukup penting dalam mengolah masakan. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat minyak, seperti kelapa, biji-bijian, hingga buah zaitun. Agar menjadi sebuah minyak, biji atau buah itu harus digiling dan diperas hingga diperoleh bagian minyaknya.

Nah, Sahabat Nesi, itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat gula, cokelat, terigu, dan minyak.

Teks: Willa, Sumber: Ensiklopedia Pintar, Foto: typepad.com

 

Author

willa widiana

Tags

Related Article